RSS

Microsoft Office Tab

10 Apr

Seringkali ketika kita bekerja dengan menggunakan Microsoft Office (baik itu Microsoft Word, Microsoft Excel ataupun Microsoft PowerPoint), kita membuka lebih dari satu dokumen. Secara default, dokumen-dokumen yang kita buka tersebut akan nampak di taskbar Windows. Semakin banyak dokumen yang kita buka, semakin penuhlah taskbar Windows kita sehingga seringkali Windows akan melakukan grouping pada aplikasi yang sama (Microsoft Word, Microsoft Excel ataupun Microsoft PowerPoint).
2003taskbar
Sebenarnya akan lebih praktis dan efisien bila kita dapat membuka beberapa dokumen Microsoft Office dengan hanya satu Windows yang terbuka. Selain menghemat ruang taskbar juga mempermudah dan mempercepat akses kita pada dokumen-dokumen tersebut. Seperti konsep multi tabs pada browser-browser modern sekarang ini (Mozilla Firefox, Safari, Opera, Google Chrome, dsb).

officetab_about

Nah, seorang programmer China berbaik hati memberikan aplikasi OfficeTab secara gratis yang merupakan plug-in dari Microsoft Office guna menambahkan fitur multi tabs ini ke dalam program Microsoft Office kita. Aku ujicobakan plug-in ini di Microsoft Office 2003 dan Microsoft Office 2007, ternyata bekerja dengan baik dan yang terpenting lebih mempermudah dan mengefisienkan kerja kita. Pada versi terakhir yang dirilis, sudah banyak penambahan fitur dan kemampuan dari plug-in ini.

Microsoft Office 2003

Click to Enlarge.Click to Enlarge.Click to Enlarge.

Microsoft Office 2007

Click to Enlarge.Click to Enlarge.Click to Enlarge.
Dengan plug-in ini, kita dapat mengatur posisi multi tabs pada Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint, seperti letak multi tabs (atas, bawah, kanan atau kiri) pada area kerja Windows kita.

Tampilan style-pun dapat kita pilih dari 11 macam styles yang tersedia. Kita juga bisa mengubah warna tabs sesuai dengan selera kita.
Click to Enlarge.
Label atau nama dokumen yang nampak pada multi tabs juga bisa kita atur apakah AutoSize, SizeToFit maupun Fixed.
Click to Enlarge.
dan masih banyak lagi fitur yang bisa kita gali dari plug-in ini.
Tertarik untuk mencoba aplikasi cuma-cuma ini? So go here to download it!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 April 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: