RSS

GOOGLE SEARCH ENGINE new

26 Jun

Pencarian

Untuk memasukkan kueri ke dalam Google, ketikkan saja beberapa kata deskriptif dan tekan tombol ‘enter’ (atau klik tombol Google Search) untuk mendapatkan daftar hasil yang relevan.

Google menggunakan teknik kedekatan kata untuk mencari halaman-halaman yang penting dan relevan dengan pencarian Anda. Sebagai contoh, ketika Google menganalisa suatu halaman, Google melihat halaman-halaman lain yang melink ke halaman tersebut yang menerangkannya. Google juga suka halaman yang di dalamnya mendekati kata-kata yang Anda cari.
Kueri “and” Otomatis
Google hanya memberikan hasil halaman yang mengandung semua kata yang Anda cari. Tidak perlu menggunakan kata “dan”. Untuk membatasi lebih jauh, gunakan saja kata-kata yang lebih banyak.

Kata-kata Henti

Google mengabaikan kata-kata dan karakter umum, yang dikenal dengan kata-kata henti. Google secara otomatis mengabaikan kata-kata seperti “http” dan “.com,” sebagaimana dengan digit-digit dan huruf-huruf yang berdiri sendiri, karena mereka jarang membantu mempersempit sebuah pencarian, dan dapat memperlambat pencarian.
Gunakan tanda “+” untuk memasukkan kata-kata henti dalam pencarian Anda. Pastikan untuk memasukkan spasi sebelum tanda “+”. [Anda juga bisa memasukkan tanda “+” dalam frase pencarian.]
Lihat kata-kata pencarian Anda dalam konteks.
Setiap hasil pencarian Google mengandung satu atau lebih serapan dari halaman web, yang menunjukkan bagaimana kata-kata pencarian Anda digunakan dalam konteks halaman tersebut.
Stem
Untuk menyediakan hasil yang paling akurat, Google tidak menggunakan pencarian “stem” atau dukungan “wildcard”. Dengan kata lain, Google mencari kata-kata persis dengan yang Anda masukkan dalam kotak pencarian. Mencari “googl” atau “googl*” tidak akan memberikan hasil “googler” atau googlin”. Jika ragu, cobalah bentuk lain: “airline” dan “airlines,” sebagai contoh.
Apakah huruf besar atau aksen berpengaruh?
Pencarian Google tidak pengaruh dengan huruf besar/kecil. Semua huruf, walau bagaiman diketiknya, akan dianggap huruf kecil. Sebagai contoh, pencarian “google”, “GOOGLE”, dan “GoOgLe” akan memberikan hasil yang sama.
Pencarian Googl secara default tidak sensitif terhadap aksen atau tanda-tanda diakritis. Seperti, [Muenchen] dan [München] akan menemukan halaman yang sama. Jika Anda ingen mendeskriminasikan antara dua kata tersebut, gunakan tanda + seperti [+Muenchen] dan [+München].
Karena Google hanya menampilkan halaman-halaman web yang mengandung semua kata kunci yang Anda masukkan, memperbaiki atau mempersempit pencarian Anda adalah semudah menambahkan beberapa kata lagi ke kata kunci yang sudah Anda masukkan. Dengan menambahkan beberapa kata lagi, hasil pencarian yang diperoleh akan merupakan bagian-bagian spesifik dari hasil yang Anda peroleh dari pencarian “terlalu luas” sebelumnya.
Mengecualikan kata-kata
Anda dapat mengecualikan suatu kata dari pencarian Anda dengan menempatkan tanda minus (”-”) langsung di depan kata yang ingin Anda hindarkan. (Jangan lupa untuk menempatkan satu buah spasi kosong sebelum tanda minus)
Pencarian Frase
Dengan Google, Anda dapat mencari frase menggunakan tanda kutip. Kata-kata yang berada di antara tanda kutip ganda (”seperti ini”) akan muncul bersama-sama dalam semua dokumen hasil pencarian (kecuali jika berupa kata penutup, kata tertentu yang memerlukan tanda “+” — lihat di sini untuk lebih jelasnya). Pencarian Frase menggunakan tanda kutip sangat berguna ketika mencari ucapan-ucapan yang terkenal atau nama-nama sesuatu.
Beberapa karakter tertentu berfungsi sebagai penghubung frase. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, tanda sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.

Batasi Domain

Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata “site:”. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.
Sebagai contoh, untuk menemukan informasi pers di situs Google, masukkan:
contoh: press site:www.google.com

FITUR KHUSUS GOOGLE
Pencarian Gambar (BETA)

Pencarian Gambar Google merupakan mesin pencari gambar yang paling luas di Web, dengan lebih dari 250 juta gambar terindex dan tersedia untuk dilihat. Untuk menggunakan pencarian gambar, kunjungi halaman pencarian tingkat lanjut atau http://www.google.com/imghp?hl=id dan masukkan kata dalam kotak pencarian gambar, kemudian klik tombol “Cari”. Pada halaman hasil pencarian, klik saja thmbnail untuk melihat versi yag lebih besar dari gambar itu, juga halaman tempat gamabr itu berada. (Catatan: untuk mengaksesnya, tampilan bahasa Anda harus disetting dalam bahasa Inggris dalam pilihan halaaman).
Gambar-gambar yang ditengarai oleh Pencarian Gambar Google mungkin dilindungi oleh hak cipta. Meskipun Anda dapat menentukan lokasi dan mengakses gambar itu lewat layanan kami, Google tidak bisa menjamin Anda untuk menggunakan gambar-gambar itu untuk tujuan apapun selain melihatnya di web. Dengan demikian, jika Anda ingin menggunakan gambar manapun yang Anda temukan lewat layanan ini, kami menyarankan Anda untuk menghubungi pemilik situs untuk memperoleh ijin yang dibutuhkan.
PERHATIAN: Hasil yang Anda lihat dalam fitur ini mungkin berisi muatan untuk orang dewasa. Google mempertimbangkan beberapa faktor ketika menentukan sebuah gambar relavan dengan permintaan pencarian Anda. Karena metode ini belum seluruhnya terbukti dapat digunakan oleh orang dungu sekalipun, sangat dimungkinkan beberapa gambar yang tidak semestinya terangkum dalam gambar-gambar yang Anda lihat.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan.

Terjemahan Halaman Web

Google memecah halangan bahasa dengan fitur baru terjemahan (BETA). Dengan menggunakan teknologi mesin penerjemahan, Google sekarang memungkinkan orang berbahasa Inggris untuk mengakses sejumlah halaman web non-Inggris.
Jika hasil pencarian Anda menampilkan hasil yang non-Inggris, akan ada sebuah link ke halaman versi terjemahan itu dalam bahasa Inggris.
Juga jika Anda menginginkan jdul-judul dan rangkuman hasil pencarian Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, memungkinkan opsi terjemahan pada halaman preferensi. Jika fitur ini diaktifkan, Google secara otomatis akan menerjemahkan hasil pencarian Anda ke dalam bahasa Inggris.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan tentang terjemahan.

Cari file PDF

Hasil pencarian Google sekarang termasuk file Format Adobe Portable Document (PDF). Meskipun file PDF jumlahnya tidak sebanyak file HTML, seringkali format file ini memuat informasi yang bermutu tinggi yang tidak tersedia di tempat lain.
Untuk menandai bahwa suatu hasil pencarian tertentu merupakan file PDF dan bukan suatu halaman web, tanda [PDF] muncul dalam teks warna biru di depan judul file. Hal ini membebaskan Anda untuk mengetahui bahwa proram itu, Acrobat Reader, akan terbuka untuk melihat file ini. Klik pada link judul di sebelah kanan tanda [PDF] untuk mengakses dokumen pdf itu. (Jika Anda tidak memiliki program Adobe Acrobat di komputer, maka Anda akan diarahkan ke halaman tempat Anda bisa mendownload program itu dengan gratis.)
Untuk file-file DPF, link halaman “Tersimpan” digantikan dengan “Versi Teks”. Versi teks ini adalah salinan dari dokumen PDF yang semua perintah formatnya sudah dihilangkan.
Jika Anda lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa links PDF, ketik saja -filetype:pdf dalam kotak pencarian bersama dengan kata(-kata) yang Anda cari.

Link-link Tersimpan

Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jika Anda mengklik link “Tersimpan”, Anda akan melihat halaman seperti ketika kami mengindexnya. Muatan tersimpan itu merupakan muatan yang digunakan Google apakah halaman itu cocok dengan pencarian yang Anda lakukan.
Ketika halaman tersimpan ditampilkan, maka akan tampak header pada sisi atas sebagai penanda bahwa halaman itu merupakan versi tersimpan dan bukan halaman itu sendiri. Istilah yang sesuai dengan pencarian Anda disorot dalam versi tersimpan sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui mengapa halaman iu relevan bagi Anda.
Link “Salinan” tidak akan muncul untuk situs-situs yang belum kami indeks, juga bagi situs-situs yang pemiliknya telah meminta kami untuk menghapus isi hasil salinan.

Halaman Mirip

Jika Anda mengklik link “Halaman mirip” untuk mendapatkan hasil pencarian, Google secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang berhubungan dengan hasil ini.
Link “Halaman Serupa” punya banyak kegunaan. Jika Anda menyukai isi suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin tidak Anda ketahui. Jika Anda mencari informasi produk, “Halaman Serupa” dapat menemukan informasi yang bersaing untuk Anda, sehingga Anda dapat menemukan tawaran yang terbaik. Jika Anda tertarik pada penelitian di suatu bidang, ia dapat menolong Anda menemukan sejumlah besar bahan referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut.
Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web. Meski demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang bisa kami temukan untuk Anda. Contohnya, Google mungkin tidak mampu menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi Anda, jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan dengan halaman-halaman lain. Juga, jika perusahaan menggunakan begitu banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan http://www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi lebih banyak pada URL lain. Secara umum “Halaman Mirip” berhasil dengan baik pada sebagian besar halaman web.

Temukan siapa yang terhubung dengan Anda

Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Satu kata itu bagi Google contohnya adalah kata link: operator. Pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk pada URL itu. Sebagai contoh, link:www.google.com akan menampilkan semua halaman yang menunjuk ke homepage Google. Anda tidak bisa menggabungkan pencarian link: dengan satu kata kunci pencarian.
Ref: http://www.putragaluh.web.id/blog/baca/2009/07/12/Google_Search_Engine.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Juni 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: