RSS

Pengaruh Penayangan TV Pada Minat Belajar Anak

09 Agu

Dalam realita kehidupan sehari-hari, anak-anak suka sekali terhadap menonton televisi, melalui siaran TV bisa mempengaruhi minat belajar berkurang, karena di pengaruhi dengan tata nilai budaya warna-warni dan penayangan TV yang tidak sesuaio dengan falsafah bangsa Pancasila bahkan ada yang tidak sesuai dengan tata nilai agama. Akibatnya banyak diantara anak-anak yang menjadi malas belajar, menganggap sepele terhadap pelajaran dan ada juga anak yang berprilaku agresif, aneh dan menyimpang dari katan moral, sosial dan agama.
Orang tua tidak layak manakala bersikap acuh tak acuh terhdap kebiasaan anak-anak menonoton siaran televisi, akan tetapi perlu bimbingan dan pengawasan yang cermat, dan orang tua harus bisa mengatur anak dalam menonton siaran atau tayangan Televisi.
Kehadiran Televisi mengakibatkan terjadinya perubahan yang besar bagi kehidupan umat manusia di dunia siaran Televisi memuat berbagai informasi, pesan-pesan yang cepat menyebar keseluruh pelosok dunia. Siaran Televisi dijadikan alat penyampaian pesan terhadapkalangan masyarakat tanpa batas status sosial dan batas usia, sehingga siapa saja bisa menyaksikan secara langsung peristiwa yang terjadi di bagian dunia tertentu melalui jasa siaran Televisi.
Televisi ada manfaat dan madaratnya, tetapi tergantung kita dan bimbingan orang tua, orang tua harus bisa membimbing anakanya supaya si anak rajin belajar dan mencari ilmu, karena dengan ilmu akan bisa mencapai cita-cita walaupun cita-cita itu setinggi langit, karena orang yang berilmu dan rajin belajar akan di ringgikan derajatnya oleha Allah SWT., sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Mujadillah 11

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Agustus 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: