RSS

Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

23 Sep

Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri dari tiga komponen utama yaitu :
a)    Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan prmrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmatic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unitnya. Contoh : Jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemerosesan satu intruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106Hz), = 0,286 x 10-8 detik

Bagian Utama Processor
•    Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai oitput device.
•    Aritmatic logic Unit (ALU), merupakan bagian dari processor yang khusus mengelola data aritmatic (tambah, kurang, kali dan bagi) serta data logika (perbandingan)
b)    Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu :
a.    Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan intruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primary adalah :
i.    Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
ii.    Kecepatan tinggi
iii.    Akses rendom (acak)
Read Onli Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa membaca saja, tidak dapat dirubah dan hapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindah ke RAM. Permintaan yang ada di ROM antara lain adalah permintaan untuk membaca sistem dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unir sistem dan perintah unruk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain :
1)    PROM (Programble ROM), yaitu ROM), yang bisa kita rogram kembali dengan catatan ahnay boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
2)    RORIM (Re-Programble ROM), merupakan perkembangan dari versi RPOM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
3)    EPROM (Earsable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan Program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4)    EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROMN dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memory (RAM), adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60’an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
b.    Sekondari Memori, adalah dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. karakteristik dari memori  sekunder adalah :
o    Non vilatil atau presenten
o    Kecepatan relatif rendah Idibandingkan memori primer)
o    Akses rendom atau sekuansial
Contoh memori sekunder : Floppy, Zip Drive, Hardisk, Flashdisk, CD ROM, magnetic Tape, Optical Disk, dll.

Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuansial adalah magnetic tape.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 September 2010 in Ilmu Komputer

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: